In Your Dream,, you can Imagine anything.. :)

Apapun yang ada dalam benakmu, Tuangkanlah melalui tulisan.. Menulislah selagi ide-ide itu mengalir..

Friday 6 December 2013

Lesson Plan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                      : SMPN 1 KUNINGAN
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : VIII/1
Jenis Teks                  : Monologue (Recount Text)
Waktu                        : 3x40 Menit

A.    Standar Kompetensi   :   
2.      Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
6.      Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
                                       
B.    Kompetensi Dasar      :  
3.2  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk desciptive dan recount.
6.2     Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
1.      Memahami penggunaan simple past tense dalam lirik lagu dengan penuh rasa ingin tahu.
2.     Memahami recount text yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dengan penuh rasa ingin tahu.
3.     Memahami generic structure yang terdapat dalam  recount text dengan penuh ketekunan.
4.     Menuliskan kembali pengalamannya kedalam bentuk recount text dengan penuh ketekunan dan tanggungjawab.

D.    Indikator
1.      Memahami penggunaan simple past tense dalam lirik lagu.
2.     Memahami recount text yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
3.     Memahami generic structure yang terdapat dalam  recount text.
4.     Menuliskan kembali pengalamannya kedalam bentuk recount text.

E.     Materi Pembelajaran

Last Sunday, My classmates and I went to Lawu campsite. We got there to have fun camping.
First, we set up the tents together. Secondly, the boys took water from the river near the campsite. Then, the girls cooked rice and other food for lunch. After that, some boys played guitar and the other students sang songs and danced.
Finally, we ate lunch together. We felt tired but excited.

Camping
Last weekend, my friends and I went camping.We reached the camping ground after we walked for about one and a half hour from the parking lot. We built the camp next to a small river. It was getting darker and colder, so we built a fire camp.
The next day, we spent our time observing plantation and insects while the girls were preparing meals. In the afternoon we went to the river and caught some fish for supper.
At night, we held a fire camp night. We sang, danced, read poetry, played magic tricks, and even some of us performed a standing comedy.
On Monday, we packed our bags and got ready to go home.

F.     Metode Pembelajaran
Three-phase technique

G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Keterangan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi









·         Guru mempersiapkan siswa untuk belajar (memberi salam dan memeriksa kehadiran siswa).
·         Siswa mereview materi sebelumnya.
·         Guru menjelaskan secara ringkas kegiatan yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran.

10 menit
Motivasi
·         Siswa memahami mengenai pentingnya materi yang akan dipelajari serta kompetensi yang harus dikuasai siswa.
5 menit
Inti
Eksplorasi

·         Guru menerangkan proses listening test.
·         Guru memutarkan lagu “Yesterday” karya the beatles.
·         Siswa mendengarkan, mengidentifikasi, dan melengkapi lirik lagu yang rumpang.
·         Siswa mengumpulkan lembar kerja.
·         Guru dan siswa bersama-sama membahas lirik yang rumpang.


50 menit
Elaborasi
·         Guru mereview teks recount secara singkat.
·         Guru memberi contoh teks recount yang bertemakan camping.
·         Siswa membuat teks recount dengan tema camping minimal 3 paragraf.
·         Guru memfasilitasi siswa yang mengalami kesulitan.
40 menit
Konfirmasi
·         Siswa mendapatkan umpan balik positif dan apresiasi terhadap proses pembelajaran mereka.
5 menit
Penutup

·         Siswa menyimpulkan mengenai recount text berdasarkan pemahaman mereka.
·         Siswa bertanya hal-hal terkait materi pembelajaran ataupun diluar materi.
·         Siswa menceritakan kendala dan kesulitan yang dihadapi selama kegiatan pembelajaran.
·         Siswa diberi tahu oleh guru mengenai materi pembelajaran pada pertemuan yang akan dating.
10 menit

H.    Sumber Belajar
a.       Buku teks yang relevan.
-          English In Focus for Grade VIII, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, halaman 60-66.

I.       Penilaian
A.    Teknik dan Bentuk
Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

1.      Memahami penggunaan simple past tense dalam lirik lagu.

2.      Menuliskan kembali pengalamannya kedalam bentuk recount text


Tes



Tes


Tulisan



Tulisan

1.      Listen carefully on the recording, and then fill in the blanks with the best answer!


2.      Make a recount text about “camping” based on your own experiences!

B.     Instrumen Penilaian
Indikator 1
Listen carefully on the recording, and then fill in the blanks with the best answer!

Yesterday – The Beatles


Yesterday, all my troubles ­­­________ (1) so far away.
Now it __________ (2) as though they’re here to stay.
Oh, I believe in yesterday.Suddenly, I’m not half the man i ________ (3) to be,
There’s a shadow hanging over me,
Oh, yesterday ________ (4) suddenly.
Reff :
Why she ______ (5) to go
I don’t know she _______ (6) say.
I ______ (7) something wrong,
Now I long for yesterday.
___________ (8), love _______(9) such an easy game to play.
Now I need a place to _______ (10) away.
Oh, I believe in yesterday.
Back to reff *

Indikator 2
Make a recount text about “camping” based on your own experiences!

C.    Kunci Jawaban
Indikator 1

Yesterday – The Beatles

Yesterday, all my troubles seemed so far away.
Now it looks as though they’re here to stay.
Oh, I believe in yesterday.Suddenly, I’m not half the man i used to be,
There’s a shadow hanging over me,
Oh, yesterday came suddenly.
Reff :
Why she had to go
I don’t know she wouldn’t say.
I said something wrong,
Now I long for yesterday.
Yesterday, love was such an easy game to play.
Now I need a place to hide away.
Oh, I believe in yesterday.
Back to reff *

Indikator 2
Depend on student’s product.
D.    Pedoman Penilaian
Indikator 1
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 2
2. Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10   
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =

Uraian
Skor
Jawaban benar dengan kalimat sempurna
Jawaban benar dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah 
2
1
0

Indikator 2
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1
Content (Isi)




2
Text Organization / Rhetoric (tata tulis)




3
Vocabulary (Kosakata)




4
Grammar (tata bahasa)




5
Appropriateness of language conventions (punctuation, spelling & mechanics ) (tanda baca, ejaan dan mekanik)





Jumlah





Keterangan skor :
4 = Sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang baik

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut :
Skor maksimal 4 x 4 = 16
Penentuan nilai : Nilai siswa = Skor diperoleh  X 100
Skor maksimal

Kuningan, 20 Oktober 2013

Mengetahui,
Guru Pamong




Hj. Neni Triana, S.Pd
NIP. 19780809 200312 2 003

Praktikan PPL FKIP-UNIKU





Yanah Nurhasanah
NIM. 2010041231

No comments:

Post a Comment