In Your Dream,, you can Imagine anything.. :)

Apapun yang ada dalam benakmu, Tuangkanlah melalui tulisan.. Menulislah selagi ide-ide itu mengalir..

Friday 6 December 2013

Lesson Plan (Post Card)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                      : SMPN 1 KUNINGAN
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : VIII/1
Jenis Teks                  : Teks Fungsional (Postcards)
Waktu                        : 2x40 Menit

A.    Standar Kompetensi       
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar berupa Postcard.
6.    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
                
B.    Kompetensi Dasar           
5.1  Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar berupa Postcard.
6.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menemukan jenis teks postcards dengan menanamkan budaya gemar membaca.
2.      Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam Postcards dengan sungguh-sungguh.
3.      Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam postcards dengan penuh ketekunan.
4.      Menemukan tujuan penulisan postcards dengan penuh percaya diri.
5.      Membuat postcards dengan penuh tanggungjawab.

D.    Indikator
1.      Menemukan jenis teks postcards.
2.      Mengidentifikasi topik pembicaraan dalam postcards.
3.      Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat didalam postcards.
4.      Menemukan tujuan penulisan postcards.
5.      Membuat postcards.

E.     Materi Pembelajaran



POSTCARDS
A postcard is a card that can be sent in the post without an envelope, especially with a picture on it.
A postcard consists of :
     1. Opening ( greeting, solutation )
     2. Body ( The message )
     3. Pre-closing ( it may be  the conclusion of the message )
     4. Closing ( The writer’s regard and signature )
when you’re away on holiday, it can be nice to write some postcards :
·         To let people see what the place you are in is like
·         To let them know that you are thinking of them
Tips for writing a postcard :
§  Writing a postcard is like writing short note.
§  You don’t have a lot of room so just write a few lines.
§  You don’t need to write long sentences
§  Write your message on the left side of the card.
§  Write the address on the right side of the card.
§  Don’t forget to leave room for the stamp.

Example of Postcard :

F.     Metode Pembelajaran
Three-phase technique

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Keterangan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi








·         Siswa memberi salam.
·         Siswa berdoa menurut agama masing-masing.
·         Guru mempersiapkan siswa untuk belajar (memberi salam dan memeriksa kehadiran siswa).
·         Siswa mereview materi sebelumnya.
·         Guru menjelaskan secara ringkas kegiatan yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran.

10 menit
Motivasi
·         Siswa memahami mengenai pentingnya materi yang akan dipelajari serta kompetensi yang harus dikuasai siswa.
5 menit
Inti

Eksplorasi


·         Guru menunjukkan contoh postcards asli
·         Siswa mengidentifikasi postcards yang diberikan oleh guru
·         Guru memancing siswa dengan memberikan pertanyaan mengenai pengertian dari postcard dan tujuannya
·         Guru meminta siswa untuk memperhatikan teks yang telah diberikan.
·         Guru menjelaskan kembali mengenai postcards.



20 menit
Elaborasi
·         Siswa dengan dibimbing guru bersama-sama untuk mendiskusikan isi teks (postcards)
·         Siswa menyebutkan beberapa informasi yang mereka baca dari teks (postcards)
·         Guru menuliskan beberapa pertanyaan di papan tulis yang berhubungan dengan teks yang telah dibaca dalam waktu yang dibatasi.
·         Siswa berlatih membuat postcards yang ditujukan untuk orangtua atau teman dengan menggunakan aplikasi corel draw, powerpoint atau sejenisnya pada laptop masing-masing.
·         Guru memonitor kerja siswa.
·         Siswa mengirim hasil karya mereka via email masing-masing
30 menit
Konfirmasi
·         Siswa mendapatkan umpan balik positif dan apresiasi terhadap proses pembelajaran mereka.
5 menit
Penutup

·         Siswa menyimpulkan mengenai Postcards berdasarkan pemahaman mereka.
·         Siswa bertanya hal-hal terkait materi pembelajaran ataupun diluar materi.
·         Siswa menceritakan kendala dan kesulitan yang dihadapi selama kegiatan pembelajaran.
·         Siswa diberi tahu oleh guru mengenai materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang
10 menit





H.    Sumber Belajar
a.       Buku teks yang relevan.
-      Real Time, An Interactive English Course for Junior High School Year VIII, Erlangga, halaman 57.
-      English in Focus, for grade VIII Junior High School, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, halaman 44.

b.      Media/Alat Belajar
-          Laptop
-          Slide Powerpoint
-          Proyektor

I.       Penilaian
A.    Teknik dan Bentuk

Making a postcard.
Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen




Making a postcard




Test





Written


Pretend that you are away for a vacation and you are sending a postcard to your mother or father, your sibling, or your friend. Write a postcard describing the activities you did or the places you visited. Use the structure that you have learned in this lesson!

B.     Instrumen Penilaian

Pretend that you are away for a vacation and you are sending a postcard to your mother or father, your sibling, or your friend. Write a postcard describing the activities you did or the places you visited. Use the structure that you have learned in this lesson!

C.    Kunci Jawaban
Depend on student’s product






D.    Pedoman Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1
Content (Isi)




2
Text Organization / Rhetoric (tata tulis)




3
Vocabulary (Kosakata)




4
Grammar (tata bahasa)




5
Appropriateness of language conventions (punctuation, spelling & mechanics ) (tanda baca, ejaan dan mekanik)





Jumlah






Kuningan, 13 November 2013

Mengetahui,
Guru Pamong




Hj. Neni Triana, S.Pd
NIP. 19780809 200312 2 003

Praktikan PPL FKIP-UNIKU





Yanah Nurhasanah
NIM. 2010041231

No comments:

Post a Comment