RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN 1 KUNINGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/1
Jenis Teks : Teks Fungsional (Postcards)
Waktu : 2x40 Menit
A.
Standar Kompetensi
5. Memahami makna
teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan
recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar berupa Postcard.
6.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B.
Kompetensi Dasar
5.1
Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei
berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar berupa Postcard.
6.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
C.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
1.
Menemukan jenis teks postcards dengan
menanamkan budaya gemar membaca.
2.
Mengidentifikasi topik pembicaraan
dalam Postcards dengan sungguh-sungguh.
3.
Mengidentifikasi informasi tertentu
yang terdapat didalam postcards dengan penuh ketekunan.
4.
Menemukan tujuan penulisan postcards
dengan penuh percaya diri.
5.
Membuat postcards dengan penuh
tanggungjawab.
D.
Indikator
1.
Menemukan jenis teks postcards.
2.
Mengidentifikasi topik pembicaraan
dalam postcards.
3.
Mengidentifikasi informasi tertentu
yang terdapat didalam postcards.
5.
Membuat postcards.
E.
Materi Pembelajaran
POSTCARDS
A postcard is a card that can be sent in the post without
an envelope, especially with a picture on it.
A postcard consists of :
1. Opening ( greeting, solutation
)
2. Body ( The message )
3. Pre-closing ( it may be the conclusion of the message )
4. Closing ( The writer’s regard
and signature )
when you’re away on holiday, it can be nice to write some postcards :
·
To let people see what the place you are in is like
·
To let them know that you are thinking of them
Tips for writing a postcard :
§ Writing a postcard
is like writing short note.
§ You don’t have a
lot of room so just write a few lines.
§ You don’t need to
write long sentences
§ Write your message
on the left side of the card.
§ Write the address
on the right side of the card.
§ Don’t forget to
leave room for the stamp.
Example of Postcard
:
F.
Metode Pembelajaran
Three-phase
technique
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Keterangan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
Apersepsi
|
·
Siswa memberi salam.
·
Siswa berdoa menurut agama masing-masing.
·
Guru mempersiapkan siswa untuk belajar (memberi salam dan memeriksa kehadiran siswa).
·
Siswa mereview materi sebelumnya.
·
Guru menjelaskan secara ringkas kegiatan yang akan dilakukan dalam proses
pembelajaran.
|
10 menit
|
Motivasi
|
·
Siswa memahami mengenai pentingnya materi yang akan dipelajari serta
kompetensi yang harus dikuasai siswa.
|
5 menit
|
Inti
Eksplorasi
|
·
Guru menunjukkan contoh postcards
asli
·
Siswa mengidentifikasi postcards yang
diberikan oleh guru
·
Guru memancing siswa dengan
memberikan pertanyaan mengenai pengertian dari postcard dan tujuannya
·
Guru meminta siswa untuk
memperhatikan teks yang telah diberikan.
·
Guru menjelaskan kembali mengenai
postcards.
|
20 menit
|
Elaborasi
|
·
Siswa dengan dibimbing guru
bersama-sama untuk mendiskusikan isi teks (postcards)
·
Siswa menyebutkan beberapa informasi
yang mereka baca dari teks (postcards)
·
Guru menuliskan beberapa pertanyaan
di papan tulis yang berhubungan dengan teks yang telah dibaca dalam waktu
yang dibatasi.
·
Siswa berlatih membuat postcards yang
ditujukan untuk orangtua atau teman dengan menggunakan aplikasi corel draw,
powerpoint atau sejenisnya pada laptop masing-masing.
·
Guru memonitor kerja siswa.
·
Siswa mengirim hasil karya mereka via
email masing-masing
|
30 menit
|
Konfirmasi
|
·
Siswa mendapatkan umpan balik positif dan apresiasi terhadap proses
pembelajaran mereka.
|
5 menit
|
Penutup
|
·
Siswa menyimpulkan mengenai Postcards
berdasarkan pemahaman mereka.
·
Siswa bertanya hal-hal terkait materi pembelajaran ataupun diluar materi.
·
Siswa menceritakan kendala dan kesulitan yang dihadapi selama kegiatan
pembelajaran.
·
Siswa diberi tahu oleh guru mengenai materi pembelajaran pada pertemuan
yang akan datang
|
10 menit
|
H.
Sumber Belajar
a.
Buku teks yang relevan.
- Real Time, An
Interactive English Course for Junior High School Year VIII, Erlangga, halaman 57.
- English in Focus,
for grade VIII Junior High School, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional, halaman 44.
b.
Media/Alat Belajar
-
Laptop
-
Slide Powerpoint
-
Proyektor
I.
Penilaian
A. Teknik
dan Bentuk
Making a postcard.
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|
Making a postcard
|
Test
|
Written
|
Pretend that you are away for a vacation
and you are sending a postcard to your mother or father, your sibling, or
your friend. Write a postcard describing the activities you did or the places
you visited. Use the structure that you have learned in this lesson!
|
B. Instrumen
Penilaian
Pretend that you are away for a vacation and you are sending a postcard to
your mother or father, your sibling, or your friend. Write a postcard
describing the activities you did or the places you visited. Use the structure
that you have learned in this lesson!
C.
Kunci Jawaban
Depend on student’s product
D. Pedoman
Penilaian
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Content (Isi)
|
|
|
|
|
2
|
Text Organization / Rhetoric
(tata tulis)
|
|
|
|
|
3
|
Vocabulary (Kosakata)
|
|
|
|
|
4
|
Grammar (tata bahasa)
|
|
|
|
|
5
|
Appropriateness of language
conventions (punctuation, spelling & mechanics ) (tanda baca, ejaan dan
mekanik)
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Kuningan, 13 November 2013
Mengetahui,
Guru Pamong
Hj. Neni Triana, S.Pd
NIP. 19780809 200312 2 003
|
Praktikan PPL FKIP-UNIKU
Yanah Nurhasanah
NIM. 2010041231
|
No comments:
Post a Comment